Senin, 05 November 2012

Makalah Sistemik lupus Eritematasus


BAB I
PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang

Penyakit sistemik lupus eritematasus (SLE) tampaknya terjadi akibat terganggunya regulasi kekebalan yang menyebabkan peningkatan auto antibodi yang berlebihan, limfadenopati terjadi pada 50% dari seluruh pasien SLE pada waktu tertentu selama perjalanan penyakit tersebut. Sistemik lupus eritematosus (SLE) merupakan salah satu penyakit autoimun yang disebabkan oleh disregulasi sistim imunitas dan secara garis besar dipengaruhi oleh 3 faktor yaitu endokrin-metabolik, lingkungan dan genetik.Gangguan renal juga terdapat pada sekitar 52% penderita SLE. Pada sebagian pasien, gangguan awal pada kulit dapat menjadi prekursor untuk terjadinya gangguan yang bersifat lebih sistemik.

B.  Rumusan Masalah

1.    Apa defenisi sistemik lupus eritmatasus?
2.    Apa etiologi dari sistemik lupus eritmatasus?
3.    Bagaimana patofisiologi sistemik lupus eritmatasus?
4.    Apa saja manifestasi klinik sistemik lupus eritmatasus?
5.    Bagaimana pemeriksaan diagnostik untuk sistemik lupus eritmatasus?
6.    Bagaimana penatalaksanaan untuk sistemik lupus eritmatasus?
7.    Bagaimana konsep keperawatan sistemik lupus eritmatasus?

C.  TUJUAN

1.    Untuk mengetahui defenisi sistexmik lupus eritmatasus
2.    Untuk mengetahui etiologi dari sistemik lupus eritmatasus
3.    Untuk mengetahui  patofisiologi sistemik lupus eritmatasus
4.    Untuk mengetahui  manifestasi klinik sistemik lupus eritmatasus
5.    Untuk mengetahui  pemeriksaan diagnostik untuk sistemik lupus eritmatasus
6.    Untuk mengetahui  penatalaksanaan untuk sistemik lupus eritmatasus
7.    Untuk mengetahui  konsep keperawatan sistemik lupus eritmatasus




























BAB II
PEMBAHASAN

1.    Defenisi

a)    Sistemik lupus erythematosus adalah suatu penyakit kulit menahun yang ditandai dengan peradangan dan pembetukan jaringan parut yang terjadi pada wajah, telinga, kulit kepala dan kandung pada bagian tubuh lainnya.

b)   Systemic Lupus Erythematosus (SLE), merupakan penyakit autoimun yang ditandai dengan produksi antibodi terhadap komponen inti sel yang berhubungan dengan manifestasi yang luas. Penyakit lupus merupakan penyakit sistem daya tahan, atau penyakit auto imun, dimana tubuh pasien lupus membentuk antibodi yang salah arah, merusak organ tubuh sendiri, seperti ginjal, hati, sendi, sel darah merah, leukosit, atau trombosit. Antibodi seharusnya ditujukan untuk melawan bakteri ataupun virus yang masuk ke dalam tubuh.

2.    Etiologi

Belum diketahui dengan jelas , namun terdapat banyak bukti bahwa Sistemik lupus erythematosus (SLE) bersifat multifaktor, mencakup :

a.    Genetik
b.    Infeksi
c.    Lingkungan
d.   Stress
e.    Cahaya matahari
f.     Faktor Resiko hormon; imunitas; obat



3.    Epidemiologi
LSE merupakan penyakit yang jarang terjadi. Di seluruh dunia diperkirakan terdapat 5 juta orang mengidap lupus eritematosus. Penyakit LSE  di temukan baik pada wanita maupun pria tetapi wanita lebih banyak di banding pria yaitu 9:1, umumnya pada usia 18-65 tahun tetapi  paling sering antara usia 25-45 tahun, walaupun dapat juga di jumpai pada anak usia 10 tahun.
a.       Insidensi lupus tidak diketahui, tetapi bervariasi menurut lokasi dan etnis. Tingkat prevalensi  4250/100,000 telah dilaporkan , dengan penurunan prevalensi putih di bandingkan dengan penduduk asli Amerika, Asia, Latin, dan Amerika. Walaupun awal sebelum usia 8 tahun tidak biasa , lupus telah di diagnosis selama 1 tahun di kehidupan. Dominan si perempuan bervariasi kurang dari 4:1 sebelum pubertas ke 8:1 sesudahnya

b.      Insidensi LES

Pada anak secara keseluruhan pada anak mengalami peningkatan, sekitar 15-17%. Penyakit LES jarang terjadi pada usia dibawah 5 tahun dan menjelang remaja. Perempuan lebih sering terkena di banding laki-laki dan rasio tersebut juga meningkat seiring dengan pertambahan usia. Prevalensi penyakit LES di kalangan penduduk berkulit hitam ternyata lebih tinggi di bandingkan dengan penduduk berkulit putih.
SLE di temukan lebih banyak pada wanita keturunan ras Afrika - Amerika, Asia, Hispanik, dan di pengaruhi faktor sosio ekonomi.
Menelusuri epidemiologi SLE  merupakan hal yang sulit karena diagnosis dapat sulit di pahami.







4.    Patofisiologi

Penyakit sistemik lupus eritematosus (SLE) tampaknya terjadi akibat terganggunya regulasi kekebalan yang menyebabkan peningkatan auto anti bodi yang berlebihan. Gangguan imunoregulasi ini ditimbulkan oleh kombinasi antara faktor-faktor genetik, hormonal (sebagaimana terbukti oleh awitan penyakit yang biasanya terjadi selama usia reproduktif) dan lingkungan (cahaya matahari, luka bakar termal). Obat-obat tertentu seperti hidralasin (Apresoline, prokainamid (Pronestyl), isoniazid, klorpromazin dan beberapa preparat antikonvulsan disamping makanan kecambah alfalfa turut terlibat dalam penyakit SLE akibat senyawa kimia atau obat-obatan.
Pada sistemik lupus eritematosus, peningkatan produksi auto anti bodi diperkirakan terjadi akibat fungsi sel T-Supresor yang abnormal sehingga timbul penumpukan kompleks imun dan kerusakan jaringan. Inflamasi akan menstimulasi antigen yang selanjutnya merangsang anti bodi tambahan, dan siklus tersebut berulang kembali.

5.    Manifestasi klinik

Keluhan utama dan pertama sistemik lupus eritematosus (SLE) adalah artralgia, dapat juga timbul artritis nonerosif pada dua atau lebih sendi perifer. Pasien mengeluh lemas, lesu dan capek sehingga menghalanginya beraktivitas. Demam pegal linu seluruh tubuh, nyeri otot dan penurunan berat badan terdapat kelainan kulit spesifik berupa bercak malar menyerupai kupu-kupu dimuka dan eritema umum yang menonjol. Terdapat kelainan kulit menahun berupa bercak diskoid yang bermula sebagai eritema papul atau plak bersisik. Dapat pula terjadi kelaian darah berupa anemia hemoditik, kelainan ginjal, pneumonitis, kelainan jantung, gastrointestinal, gangguan saraf dan kelainan psikatrik.



6.    Pemeriksaan diagnostik

a.    Pemeriksaan Antibodi Antinuklear
b.     Laju Endap Darah
c.     Pemeriksaan Urine
d.   Pemeriksaan Serum

7.    Penatalaksanaan

Bercak kemerahan kecil biasanya berhasil diobati dengan krim kortikosteroid. Bercak lebih besar resisten, kadang memerlukan pengobatan selama beberapa bulan dengan kortikosteroid per-oral (ditelan) atau dengan obat imunosupresan seperti digunakan untuk mengobati lupus eritematosus sistemik. Krim steroid yang kuat sebaliknya dioleskan pada bercak kulit sebanyak 1-2 kali/hari. Sampai bercak menghilang jika bercak sudah mulai kurang bisa digunakan krim steroid yang lebih ringan.
Salep cortison yang dioleskan pada lesi sering kali dapat memperbaiki keadaan dan memperlambat perkembangan penyakit. Suntikan cortison yang dioleskan pada dalam lesi juga bisa mengobati keadaan ini dan bisanya lebih efektif dari pada salep.
Lupus discoid tidak disebabkan oleh malaria, tetapi obat anti malaria (cloroquine, hydroxcloroquine) memiliki daya anti peradangan yang ampuh bagi sebagian besar kasus lupus discoid.









BAB III
PENUTUP

A.  Kesimpulan
Lupus eritematosus sistemik (LES) merupakan salah satu penyakit autoimun yang disebabkan oleh disregulasi sistim imunitas. SLE dapat menyerang berbagai sistem organ dan keparahannya berkisar dari sangat ringan sampai berat. Etiologi belum dipastikan, secara garis besar dipengaruhi oleh 3 faktor yaitu endokrin-metabolik, lingkungan dan genetik. Pencetus fungsi imun abnormal mengakibatkan pembentukan antibodi yang ditujukan terhadap berbagai komponen tubuh. Tidak ada suatu tes laboratorium tunggal yang dapat memastikan diagnosis SLE. Masalah yang paling sering dirasakan pasien adalah keletihan, gangguan integritas kulit, gangguan citra tubuh dan kurang pengetahuan untuk mengambil keputusan mengenai penatalaksanaan mandiri.

B.  Saran

Penulis menyadari bahwa dalam penyusunanya, besar harapan kami kepada para pembaca untuk bisa memberikan kritik dan saran yang bersifat membangun agar makalah ini menjadi lebih sempurna.








DAFTAR PUSTAKA

 Doenges, Marlyne (2000) Rencana Asuhan Keperawatan EGC, Jakarta
 Suzanne, Smeltzer (2001) Keperawatan Medikal Bedah edisi 2 Vol 8
www. Medicastore. Com. 2004
http://www.perkuliahan.com/makalah-kesehatan-sistemik-lupus-eritmatasus/#ixzz1salYMZxE

Tidak ada komentar:

Posting Komentar